EARTHQUAKE IN ACEH 11 April 2012: Beware of the earthquake in Southern Central Java


Source Photos : http://atjehpost.com


Indonesian agency for meterology Climatology and Geophysics (BMKG) Central Java asking the community and local government in southern Central Java region should continue to be the possibility of the occurrence of an earthquake.
“Must continue to be vigilant because the Central southern part of the line of the earthquake,” the head of the Division of Information and Data, Evi BMKG Jateng, Luthfiati in Semarang, Wednesday. The coastal area Cilacap, Central Java, have experienced severe enough damage due to earthquake in 2006.
Luthfiati said the attitude of alert should continue to care for the earthquake is not predictable timing and strength.
“Gempa tidak dapat diprediksi, berbeda dengan hujan. Gempa datangnya sekonyong-konyong, sehingga masyarakat harus terus waspada,” katanya.
Ia menjelaskan di daerah bagian selatan Jawa Tengah –terutama dasar laut Hindia– merupakan tempat pertemuan lempeng Asia dan lempeng Australia.
Masyarakat Jawa Tengah yang berada di bagian selatan di antaranya warga yang berada di daerah Cilacap, Yogyakarta, Kebumen, dan Purworejo bagian selatan.
Untuk gempa bumi yang terjadi di Aceh dengan kekuatan 8,9 skala Richter dengan kedalaman 10 kilometer, menurut dia, sangat berpotensi terjadinya tsunami.
“Syarat-syarat gempa yang dapat mengakibatkan tsunami di antaranya kekuatan gempa lebih dari 6,5 skala richter dan dengan kedalaman dangkal,” katanya.
Begitu sudah memenuhi syarat tersebut, maka BMKG langsung memberikan peringatan dini agar dilakukan evakuasi.
Peringatan dini BMKG dapat disampaikan ke masyarakat setelah tiga menit pasca-kejadian gempa dan biasanya waktu terjadinya tsunami adalah 15 menit setelah gempa.
“Jika tiga menit pasca-gempa sudah ada peringatan dari BMKG, masyarakat masih dapat menyelamatkan dirinya,” katanya.
Untuk di Kabupaten Cilacap, katanya, pemerintah daerah setempat sudah bagus dengan memberikan petunjuk arah jalur evakuasi, sehingga masyarakat dapat langsung menuju tempat yang aman.
 Editor:  
Sumber berita :  solopos.com





Comments

Popular posts from this blog

ASPAL EMULSI - TACK COAT, PRIME COAT,

Cara Flash Flashing SE Sony Ericsson Naite J105i / A2 Uploader phones

RENTAL ALAT BERAT - EXCAVATOR - HYDRAULIC BREAKER - 2023